Aplikasi Office Open Source Terbaik untuk PC dan Laptop

Aplikasi Office Open Source Terbaik untuk PC dan Laptop

Peranan dasar dari PC desktop dan netbook untuk menulis, hitung, dan membuat slide presentasi. Ke-3 kegiatan produktif itu kemungkinan jadi argumen khusus yang menggerakkan orang untuk beli PC desktop atau netbook. Terutamanya untuk mereka beberapa siswa, mahasiswa, dan karyawan kantoran.

Untungnya, banyak produsen computer yang sekarang telah mengetahui akan hal tersebut. Mereka juga jual produk komputernya dengan bundel program office. Sebagian besar mengikutkan Microsoft Office, program perkantoran yang memimpin market share dunia dengan 47,5% per Mei 2021.

Walau demikian, tidak seluruhnya computer dipasarkan dengan paket program office. Bila biarkan computer tanpa program office, Anda sudah membuat peranan dasar piranti jadi tidak memiliki daya. Namun, Anda kemungkinan terlampau sayang jika harus keluarkan dana kembali untuk beli lisensi Microsoft Office.

Tetapi tenang, program perkantoran bukan hanya Microsoft Office. Ada beberapa alternative yang dapat Anda coba. Berita baiknya, alternative-alternatif itu dapat digunakan dengan gratis! Nach, ini kali saya akan menyuguhkan program office gratis, yang beberapa salah satunya open source, untuk temani aktivitas keproduktifan Anda.

Google Docs Editor

Google Docs Editor, sebagian orang kemungkinan mengatakan dengan Google Suite atau Google Workspace. Program ini diperkembangkan oleh Google semenjak 2006. Google Docs Editor terdiri dari Google Docs (seperti Word), Google Sheet (Excel), dan Google Slides (Powerpoint).

Pertama kalinya meningkatkan program ini, Google kemungkinan berpikiran tidak untuk lakukan perlawanan secara face-to-face dengan Microsoft yang menjadi pemain besar. Karenanya, Google ambil jalan lain dengan tehnologi cloud (komputasi awan) buat Google Docs Editor.

Ya, tidak ada ruangan hardisk atau SSD yang dihabiskan karena terhubung Google Docs dilaksanakan lewat browser dengan koneksi internet. Anda juga tinggal buka situs Google Docs, lalu menulis, dan simpan hasil tuliskan di Google Drive.

Keseluruhan kemampuan document yang dapat dimuat ialah 15 GB, sama dengan service gratis ruangan taruh Google Drive. Tetapi, Anda perlu bayar untuk simpan document dengan kemampuan lebih dari itu.

Yang termurah 4,2 dolar AS per pemakai /bulan, dengan kemampuan taruh 30 GB dan tambahan beberapa feature pendukung kegiatan kantoran. Oh ya, Anda dapat mengambil hasil tuliskan di Google Docs dalam beragam pola: docx, pptx, xlsx, pdf, rtf, dan lain-lain.

Libre Office

LibreOffice awalannya ialah program perkantoran open source yang dahulu dikenali bernama OpenOffice.org. Program ini ada sebagai wujud mengantisipasi dari beberapa anggota team pengembang yang cemas jika OpenOffice.org akan ditutup.

Sekadar info, OpenOffice.org dahulu diperkembangkan oleh Sun MicroSystems yang mengakuisisi StarOffice pada 1999. Lantas, pada 2010, Oracle beli saham sebagian besar dari Sun MicroSystems. Nach, pengambilalihan Sun MicroSystems oleh Oracle ini yang membuat pengembang OpenOffice.org cemas.

Karena, Oracle awalnya sudah hentikan peningkatan OpenSolaris, mekanisme operasi yang diinisiasi oleh Sun Microsystems. Singkat kata, terciptalah The Dokumen Foundation (TDF) yang menghasilkan program perkantoran open source namanya LibreOffice. Karena memiliki sifat open source, LibreOffice sudah pasti gratis.

Bahkan juga Anda dapat menikmatinya di basis Windows, Mac, atau Linux. LibreOffice terdiri dari pengolah kata, spreadsheet, dan pembuat slide presentasi. Program perkantoran ini lumayan ringan, file instalasinya tidak sampai 300 MB.

Bila tertarik memberikan dukungan LibreOffice, Anda dapat menyumbang lewat Paypal atau kartu credit.

Apache OpenOffice

Apache OpenOffice ialah lanjutan dari program perkantoran open source OpenOffice.org. Perusahaan nirlaba namanya Apache Software Foundation ialah faksi yang memikulgkannya semenjak 2011. Program ini adalah yang terbaik dari software office gratis yang berada di dunia.

Masalahnya Apache OpenOffice tawarkan kestabilan dan ukuran yang tidak terlalu besar. Program ini terdiri dari 5 peranan, tiga salah satunya ialah Writer (seperti Word), Calc (seperti Excel), dan Impress (seperti Powerpoint). Salah satunya keunikan dari Apache OpenOffice ialah pola yang digunakannya, yaitu ODF (OpenDocument Pola).